Wisuda

Februari 07, 2024

Momen yang ditunggu-tunggu setiap mahasiswa adalah wisuda. Ada yang wisuda di waktu yang cepat, ada yang wisuda tepat waktu, ada yang wisuda di waktu yang tepat, ada yang mungkin lebih lama dibanding yang lain, kapan pun itu, saat itu akan tiba juga nanti dan pantas untuk dirayakan dengan sukacita.


Hari ini pas banget bertepatan dengan hari wisuda ke-91 Sarjana UIN Walisongo Semarang. Sebagian teman-temanku sedang merayakan kelulusan mereka. Bersama dengan tulisan ini, aku ingin mengucapkan selamat untuk kalian semua, Aisyah, Ardel, Riski, Kiki, Devi, Mba Shelly, dan lainnya yang ngga bisa aku sebutin satu-satu. Semoga ilmunya berkah dan bermanfaat.


Terutama Aisyah, sahabat terdekatku selama di perantauan, maafin aku ya ngga bisa hadir dan membersamaimu di momen kelulusanmu. Padahal, dulu kamu yang selalu menemani aku dari awal-akhir, mulai dari proses ngajuin judul sampai wisuda. Kamu yang paling aku repotin. Jujur aku sedih banget ngga bisa mendampingi kamu dibeberapa momen termasuk hari spesial wisudamu ini. Terlepas dari itu semua, yang terpenting ada keluarga tercinta yang menemani kamu di sana ya. Terima kasih udah jadi sahabat terbaik yang selalu ada buat aku!



Ngomongin soal wisuda, Bulan Agustus 2023, aku wisuda. Anehnya, aku ngga merasa antusias dengan momen wisuda ku. Aku hanya merasa lega aja akhirnya aku lulus. Tapi aku ngga merasakan euforia-nya. Bagi aku, wisuda hanya perayaan kelulusan yang tak perlu terlalu dibesar-besarkan. Karena, justru setelah wisuda kita akan dihadapkan dengan hidup yang sesungguhnya. Bagaimana kita bisa mengimplementasikan ilmu itu dan menjadi bermanfaat.





Boleh dibilang, aku sempat menunda-nunda untuk wisuda. Padahal, aku bisa wisuda lebih cepat karena dosen pembimbingku pun sangat mendorongku lulus cepat dan beliau siap membantu saat itu. Namun, aku enggan cepat lulus. Kenapa? Karena saat itu, aku belum siap melepas status mahasiswa ku. Aku masih pengin kuliah. Aneh kan? Saat memasuki semester 7 dan udah ngga ada matkul lain selain skripsi, aku rindu sekali rasanya masuk kelas, mendengarkan dosen, kangen presentasi dengan teman-teman kelompok, dan lain-lain. Aku jadi menyadari, ternyata dari segala macam proses perkuliahan, aku lebih menyukai proses belajar dikelas, praktik lapangan dan berinteraksi dengan teman-teman. Aku kurang suka dengan skripsi, wkwkwk.

Alhamdulillahnya juga, aku dikelilingi dengan teman-teman kuliah yang sangat baik, suportif, menyenangkan, suka berbagi, dan lain-lain. Itu adalah salah satu hal yang memberatkanku, jika aku cepat lulus, berarti aku harus cepat berpisah dengan teman-temanku. Dan aku belum siap dengan kenyataan berpisah dengan teman-temanku. Selama aku berteman, pertemanan semasa kuliah menurutku yang paling indah. Aku memang ngga terlalu banyak bergaul, baru mulai membuka diri dan mau hang out bareng temen-temen itu ya ketika aku memasuki semester 6, setelah pandemi Covid-19. Tapi entah kenapa, kenangan dengan mereka sangat membekas. Terutama dengan teman-teman sekelasku, Sosiologi B angakatan 2019, teman-teman kost Bu Muslih, dan teman kost Humaira Karonsih.


Tapi, aku ngga bisa menunda kelulusan lagi. Ada orang lain yang menunggu dan mengharapkan momen wisuda itu, ya, orang tua. Saat itu, bisa saja aku menunda lagi menunggu sampai semua teman-temanku lulus dulu, tapi aku juga ingat, ada orang tua yang paling mengharapkan wisuda ku.

Mungkin karena alasan-alasan itu, aku jadi ngga antusias dengan momen wisuda Agustus 2023 yang lalu. Tapi aku tetap menikmati momen itu kok, sesuatu yang patut dirayakan. 

Bagian tersedihnya adalah saat aku harus pulang kampung pada tanggal 9 September 2023. Setelah wisuda aku memang ngga langsung pulang ke rumah. Karena aku masih ingin menghabiskan waktu bersama teman-temanku dan berharap aku mendapat pekerjaan di Semarang aja, karena aku betah di kota ini dan ngga pengin pulang. Tapi ternyata kenyataan berkata lain, aku belum kunjung dapat pekerjaan di sana, dan masa kost ku habis tanggal 12 September 2023. Mau ngga mau aku harus pulang juga.

Sedihnya adalah karena aku harus meninggalkan kota yang penuh kenangan dan di kota inilah aku bertumbuh. Kota yang mempertemukan ku dengan teman-temanku. Kota yang mempertemukan ku dengan banyak pengalaman dan kesempatan baru.

Tapi namanya hidup, harus terus berjalan. Aku harus terus melangkah maju. Meski ngga mudah, aku harus menghadapi fase kehidupan yang baru.

Sekali lagi, selamat buat semua teman-temanku yang hari ini sedang merayakan momen kelulusannya. Proud of you, gaess!

Buat kalian yang mungkin masih berjuang mengupayakan untuk lulus, tetap semangat ya, semoga jalannya dimudahkan dan dilancarkan ^^


Salam Hangat, 
Citra

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.