Makan Malam bersama Henry Manampiring (Hadiah Lomba Esai Personal Penerbit Buku Kompas X GWP)

Mei 20, 2023

 


Salah satu momen mengejutkan di tahun ini sekaligus tidak akan pernah aku lupakan adalah mendapat kesempatan makan malam bersama Henry Manampiring, penulis buku mega best seller "Filosofi Teras" yang saat ini sudah tahap cetak ulang ke-50 dan terjual lebih dari 220.000 eksemplar. Selain karena hal itu, beliau juga merupakan penulis favoritku karena berkat buku Filosofi Teras aku jadi mengenal Stoikisme dan hidupku berubah jauh lebih baik karena mempelajari filsafat tersebut. Kesempatan istimewa ini datang ketika tulisanku terpilih sebagai salah satu dari 3 naskah esai terbaik yang dipilih langsung oleh Om Piring. Sebelumnya, aku sama sekali tidak pernah membayangkan bahwa "menulis" dapat membawaku menuju pertemuan yang luar biasa dengan beliau dan juga dengan teman-teman penulis lain yang hadir. 


Baca juga tulisan sebelumnya :

Pertama Kali Ikut Lomba Menulis | Penerbit Buku Kompas x Gramedia Writing Project


    



Acara makan malam ini diadakan oleh tim Penerbit Buku Kompas dan Gramedia Writing Project (GWP). Tentu saja, aku tidak datang seorang diri; dalam kesempatan ini, aku bergabung dengan para pemenang lainnya yang berjumlah 10 orang secara keseluruhan, meskipun hanya 7 orang yang dapat hadir pada saat itu. Acara makan malam diadakan di Seribu Rasa Gunawarman, lokasinya berada di Jakarta Selatan, dan dimulai tepat pukul 18.00 WIB.



Saat aku tiba di tempat acara sekitar pukul 17.45 WIB, sudah ada beberapa teman pemenang yang lebih dahulu datang, yaitu Mba Monika, Mas Hery, dan Bu Marlina. Inilah pertama kali kami berjumpa satu sama lain. Mereka menerima kedatanganku dengan hangat, dan kami langsung berkenalan serta memulai percakapan singkat. Tak lama kemudian, rekan-rekan lainnya pun bergabung, ada Mas Vigo, Kak Oka (dari tim Kompas), Om Piring (Henry Manampiring), Mba Yuni, dan Khansa. Kami saling sapa dan memulai obrolan sambil menikmati hidangan pembuka yang telah disediakan.



Perjumpaan saat itu terasa begitu hangat dan dialog mengalir dengan lancar. Aku sangat senang bisa menjadi bagian dari momen istimewa ini, di mana aku bisa bertemu dengan para rekan pemenang lain yang luar biasa berbakat dan mengagumkan. Semua dari mereka telah memiliki pengalaman mendalam dalam dunia penulisan. Sebagai seorang pemula dalam bidang ini, aku menyerap banyak pengetahuan dari berbagai sharing dan diskusi yang terjadi selama malam itu. Melalui percakapan yang terjalin, aku mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai realitas di balik dunia penulisan. Semua dari kami sangat bersemangat dan bergantian mengajukan pertanyaan kepada Om Piring mengenai proses kreatifnya dalam menulis dan juga tentang Stoikisme tentunya. Om Piring sendiri dengan antusias membagikan pengalaman dan pandangannya kepada kami.


Kira-kira dua setengah jam kami menghabiskan waktu untuk berbincang dan menikmati makan malam. Rasanya waktu berjalan begitu cepat. Selama berbincang-bincang, aku merasakan aura positif yang terpancar dari setiap individu yang hadir malam itu. Ada banyak cerita menarik yang mereka bagikan, dan sekali lagi, aku memperoleh banyak pelajaran dari pengalaman mereka. 


Cek Postingan Buku Kompas :

MAKAN MALAM HANGAT DENGAN PARA PEMENANG ESAI STOA by Buku Kompas



    

Momen mengejutkan, ternyata Mas Vigo tetangga desa ku :v














Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.